Our Feeds

Sunday, March 20, 2016

Unknown

RAM Single Channel vs Dual Channel

Single vs Dual

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu bagian penting dari CPU yang harus dimiliki. Tetapi sebagian orang mungkin hanya tahu kapasitas RAM yang infonya semakin besar kapasitas RAM maka kinerja komputer akan semakin cepat tetapi tidak mengetahui lebih jauh mengenai RAM ini. Jika menilik lebih jauh ke dalam CPU atau laptop kamu, kamu akan menemukan slot RAM pada motherboard. Kali ini kamu akan menjelaskan perbedaan RAM single channel dengan RAM dual channel.



Perbedaan RAM single channel dengan dual channel adalah kecepatannya, dimana pada single channel 4 GB memiliki kecepatan yang lebih rendah dibanding dual channel 4 GB. Untuk perkiraan single channel adalah 1 RAM dengan kapasitas 4 GB, dual channel adalah 2 RAM yang digunakan dengan masing-masing kapasitas 2 GB. Mengapa dual channel lebih cepat? Mudahnya karena ada pemisahan fungsi dimana pada single channel berarti 1 RAM melakukan semua proses yang terjadi di komputer atau laptop kamu, tetapi pada dual channel berarti ada 2 RAM yang bisa dialokasikan untuk menangani proses yang berbeda, sehingga RAM tidak terbeban dan aktivitas juga bisa tetap berjalan normal.



Untuk mengecek apakah komputer atau laptop kamu menggunakan single channel atau dual channel bisa dengan melihat langsung ke dalam motherboard atau menggunakan software CPU-Z. Kamu bisa download CPU-Z gratis disini dan installasi juga mudah

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »