Our Feeds

Friday, March 18, 2016

Unknown

VGA GT vs GTS vs GTX (Tech)

GT vs GTS vs GTX

Bagi Anda yang sedang mencari tahu tentang VGA Card produksi NVidia, apa perbedaan antara GT, GTS, dan GTX pada kode seri GPU (Graphic Processing Unit)


 

Jika kita menelusuri seri Video Graphics Card yang dirilis oleh NVidia, maka kita akan menemukan kode "prefix" di depan angka-angka yg melambangkan seri dan katagori dari kartu grafis tersebut. 

Seperti misalnya pada kartu grafis NVidia GTX 650 Ti.

"GTX" adalah kode prefix awalan yg dimaksud diatas, sedangkan angka "650" melambangkan generasi serta seri chipset GPU, dan yg terakhir "Ti" adalah embel-embel semacam gimmick marketing dari NVidia, kemungkinan diambil dari kata "Titanium" yg merupakan pembaruan dari seri kartu grafis yg sama, sekaligus menandakan seri VGA Card tersebut telah ditambahkan sejumlah fitur agar mendapat performa yg lebih baik, sebagai bukti dapat dilihat perbedaan jumlah cuda cores antara GTX 650 dengan GTX 650 Ti. 

Awal Mula Penamaan Seri GPU Nvidia

Dulu, sebelum NVidia merilis seri GPU GeForce 100, mereka menamai produk-produk yang dirilisnya dengan 4 angka yang menunjukkan tipe, model, dan kelas dari VGA Card tersebut. Diurutkan sebagai berikut:

  • Angka pertama, menunjukan seri GPU yang digunakan, Contoh: GeForce 9400GT, berarti menggunakan seri GeForce 9.
  • Angka kedua, ketiga, dan keempat, menunjukkan kategori atau kelas dari VGA tersebut, yang dibagi lagi menjadi:
    • Antara 000-550, merupakan GPU NVidia yang ditujukan untuk kalangan pengguna umum atau mainstream. Contohnya adalah GeForce 9400GT dan GeForce 9500GT.
    • Antara 600–750, adalah GPU NVidia yang ditujukan bagi mereka yang ingin mengejar performa. Contohnya adalah GeForce 9600GT dan GeForce 9600GSO.
    • Antara 800–950, adalah GPU NVidia yang dikhususkan bagi kalangan enthusiast atau penggila grafis tingkat tinggi. Contohnya adalah GeForce 9800GT dan GeForce 9800GTX
Prefix atau kode yang terdapat di akhiran nomor seri digunakan untuk membedakan jumlah memory, RAM, inti clock (core clocks), dan pixel pipelines yang digunakan dalam satu seri GPU tersebut. Semakin besar memory, semakin banyak core clocks dan pixel pipelines yang digunakan, maka kinerja kartu grafis akan semakin bagus walaupun menggunakan GPU yang sama. Misalnya GeForce 9600GT, 9800GT dan 9800GTX, walaupun sama-sama menggunakan GPU seri GeForce 9, tapi 9800GT masih lebih baik dari 9600GT, dan 9800GTX masih lebih baik daripada GeForce 9800GT.

GT vs GTS vs GTX

  • GT:

    Seri GT hanya berbeda tipis dari GS, dengan core clocks yang lebih tinggi dan mungkin juga ditambahkan lebih banyak memory onboard. Ini pada dasarnya masih merupakan kartu grafis yg tidak terlalu menghasilkan lonjakan performa signifikan namun harganya lebih murah.
  • GTS:

    Ditambahkan lebih banyak RAM onboard dan memiliki clocks yang lebih tinggi dari core clocks biasa. Mungkin juga ditambahkan pixel shaders atau pixel pipelines untuk meningkatkan kinerja kartu grafis.
  • GTX:

    Memiliki memory paling besar dari keseluruhan seri GPU dan clock yang lebih tinggi dari semua yang disebutkan diatas. Juga termasuk lebih banyak pixel pipelines dan biasanya mengalahkan performa GS minimal 15 sampai 20% lebih tinggi dari versi GS.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »